Profil KMI

mubes14

A. PROFIL SINGKAT KMI ISI

KMI adalah salah satu dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang berada di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yang bergerak di bidang dakwah, seni, dan budaya. KMI adalah integrasi dari berbagai jamaah yang berada di institusi kampus sebelum ISI, antara lain Jamaah Al-Hikmah di Akademi Seni Rupa (ASRI), Jamaah Al Ghifari (Akademi Musik Indonesia), terakhir disusul dengan jamaah Al Fatah (Fakultas Seni Media Rekam, ISI). Ketiganya melebur menjadi satu  unit kegiatan yang berada dibawah naungan institusi ISI Yogyakarta.

Keluarga mahasiswa islam ISI Yogyakarta secara resmi berdiri pada tanggal 1 Desember 1995 untuk waktu tidak terbatas. KMI berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan potensi generasi muda Islam atau sarana untuk melayani umat yang bersifat independen, dalam pembinaan generasi muda mahasiswa yang sehat, cerdas, cakap, terampil dan berakhlakul karimah.

B. TUJUAN

Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Islam  yang didirikan guna mencari ridho Allah SWT. Tidak lain untuk melanjutkan kembali kehidupan Islam dan menyambung dakwah Islam. Tujuan ini berarti mengajak  kaum muslimin kembali hidup secara Islami dimana  seluruh aktifitas kehidupan diatur  sesuai dengan hukum syara’. Pandangan hidup yang akan menjadi pedoman hidup adalah halal haram untuk didengar, ditaati agar dijalankan berdasar kitabullah Al-Qur’an dan sunah Rasul-Nya.

C. KEDUDUKAN

KMI adalah salah satu UKM di ISI yang bersifat independen  di bawah Institusi Kampus dan Badan Eksekutif mahasiswa (BEM)-ISI. Berkedudukan  di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istuimewa Yogyakarta dengan alamat Kampus  ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis Km. 6,5 PO BOX 1210.

Kesekretariatan KMI bertempat di Student Center Kampus ISI dan ‘Kamar Terpilih’ Masjid Kampus Al- Muhtar ISI Yogyakarta

D. MOTO ORGANISASI

“Dari, Untuk  dan Kepada Allah SWT”.

E. SUSUNAN PENGURUS

Susunan pengurus KMI periode 2014/2015 adalah sebagai berikut :

Majelis Syuro:

Amir Umum : Rohmat Rodiyat

Sekretaris Umum : Annastya Joko

Bendahara :  Sandi Maula Qudsi

Amir I : Muhammad Zaim

Departemen-departemen :

Amir II : Jenni Agung Pambudi

  • Al-Hikmah (Fak. Seni Rupa) : 
  • Al-Ghifari (Fak. Seni Pertunjukan) : 
  • Al-Fatah (Fak. Seni Media Rekam) : 

Amir  III (Bidang Keputrian) : Luai Ihsani Fahmi

 

F. JENIS KEGIATAN

  1. KMI Class to Class
  2. PPAI (Program Pendampingan Agama Islam)
  3. Makrab KMI
  4. Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  5. Tahsin Al-Quran
  6. Buletin Kontradiksi
  7. Rihlah Ikhwan dan Keputrian
  8. Bekam dan Buka Bersama
  9. Nonton Film Bareng
  10. Mural
  11. Festival Seni Islami / FSI (2 tahunan)
  12. Bimbingan Belajar Masuk ISI ’Al-Hikmah’
  13. Ramadhan Di Kampus
  14. Mading
  15. SMS Dakwah
  16. PHBI (Peringatan Hari Besar Islam: Idul Adha, Idul Fitri, Tahun Baru Hijriyah, Maulid)

G. KEANGGOTAAN

Keanggotaan KMI terdiri dari anggota biasa dan pengurus. Anggota biasa yaitu seluruh mahasiswa yang beragama Islam di kampus ISI Yogyakarta. Anggota berhak mengikuti seluruh kegiatan yang telah diadakan oleh pengurus KMI. Sedangkan pengurus adalah anggota yang memiliki amanah dan tanggung jawab untuk mengurus penuh organisasi dan kegiatan KMI. Kegiatan tersebut disusun berdasarkan musyawarah kubro yang diadakan setiap satu periode kepengurusan (2 semester).